Sejarah
Diposting tanggal: 22 Februari 2015

:
Sejarah AKPER Mappa Oudang Makassar


     Pendirian Pendidikan  Kesehatan di lingkungan POLRI bertujuan untuk menghasilkan tenaga perawat yang memiliki pengetahuan, keterampilan, dan sikap profesional dalam memberikan pelayanan asuhan keperawatan dengan tidak mengesampingkan etika, estetika, moral, dan  budaya dalam masyarakat. Sekolah Keperawatan dilingkungan POLRI yang didirikan sejak tahun 1968 sampai sekarang, sudah beberapa kali mengalami perubahan nama mulai dari PK-C, pada tahun 1980 berubah nama menjadi Sekolah Perawat Kesehatan (SPK). Sekolah Perawat Kesehatan dengan Surat Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.03.2.4.1.05715, tanggal 14 Desember 2006 dikonversi menjadi Akademi Keperawatan Bhayangkara Makassar, dan kemudian berubah nama lagi menjadi Akademi Keperawatan Mappa Oudang Makassar pada tanggal 11 Juni  2009.
     Sekolah Perawat Kesehatan (SPK) dikonversi  menjadi Akademi Keperawatan Mappa Oudang Makassar karena banyaknya tuntutan kebutuhan tenaga perawat untuk Rumah Sakit Bhayangkara Makassar dan Poliklinik POLRI di Polwil, Polres di wilayah hukum Polda Sulawesi Selatan pada khususnya maupun Indonesia Timur pada umumnya. Di samping itu, juga karena meningkatnya kebutuhan dan tuntutan masyarakat terhadap pelayanan keperawatan yang profesional, serta atas dasar pemikiran bahwa pembangunan kesehatan bukanlah semata-mata tanggung jawab Departemen Kesehatan Republik Indonesia.
     Akademi Keperawatan Mappa Oudang Makassar diakreditasi Strata B (nilai 73,15) sesuai Keputusan Kepala Pusat Pendidikan Tenaga Kesehatan Kementerian Kesehatan No. HK. 06.01/IV/01158/2009, tanggal 11 Juni 2009 di bawah Pembinaan Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan. Selama diakreditasi, sudah dua kali mengalami perpanjangan Izin Penyelenggaraan Pendidikan Akademi Keperawatan Mappa Oudang Makassar      yaitu Pertama Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor: HK.03.01/I/II/4/12360/2010, tertanggal 10 November 2010, dan kedua Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor: HK.03.01/I/II/4/04021/2011, tertanggal 08 Juli 2011.
     Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor: 224/E/O/2012 tanggal 13 Juni 2012, tentang Alih Bina Akademi Keperawatan Mappa Oudang Makassar yang diselenggaran oleh Yayasan Brata Utama Bhayangkara Makassar  Provinsi Sulawesi Selatan di bawah Pembinaan Kementerian Kesehatan menjadi Akademi Keperawatan Mappa Oudang Makassar yang diselenggarakan oleh Yayasan Brata Utama Bhayangkara Makassar Provinsi Sulawesi Selatan di bawah Pembinaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
     Dalam beberapa dekade terakhir perkembangan institusi pendidikan kesehatan khususnya keperawatan berkembang sangat pesat. Dengan demikian, penataan profesi keperawatan yang meliputi penataan pendidikan, pelayanan kesehatan atau keperawatan, dan perkembangan IPTEK keperawatan bersifat saling bersinergi, interdependensi, saling memengaruhi dan saling berkepentingan. Sehingga untuk memenuhi tuntutan kebutuhan masyarakat akan pelayanan kesehatan yang berkualitas merupakan prioritas utama. Oleh karena itu, Akademi Keperawatan Mappa Oudang Makassar tetap eksis, karena institusi selalu melakukan pembenahan dan akselerasi terhadap semua komponen sistem pendidikan dalam upaya menuju terselenggaranya pendidikan yang berkualitas sebagai jaminan out put yang handal (profesional).


  • Presiden AS Barack Obama memesan Nasi Goreng di restoran Bali langsung dari Amerika
  • Menurut United Stated Trade Representatives, 25% obat yang beredar di Indonesia adalah palsu.
  • Menurut peneliti di Detroit, orang yang selalu tersenyum lebar cenderung hidup lebih lama.
  • WHO merilis, 30 persen anak-anak di dunia kecanduan menonton televisi dan bermain komputer.
  • Anak yang mengalami gangguan tidur, cenderung memakai obat2an dan alkohol berlebih saat dewasa.

789212

Pengunjung hari ini : 153
Total pengunjung : 190490
Hits hari ini : 1082
Total Hits : 789212
Pengunjung Online : 1
Penilaian Anda tentang Akper Mappaoudang Makassar
Dosen telah melakukan proses Perkuliahan dengan baik

Lihat Hasil Poling

topmenu